SYARAT DAN KETENTUAN

Syarat dan Ketentuan diterima dan dipahami

Informasi Untuk Pemegang Polis

  • Pentingnya Membayar Premi Tepat Waktu
  • Pentingnya Mempertahankan Polis

Pentingnya Membayar Premi Tepat Waktu
Polis Non Single Premium

Mengapa membayar premi asuransi tepat waktu itu penting?

Membayar premi tepat waktu memiliki sejumlah manfaat yang penting untuk perlindungan asuransi dan investasi Anda:

  • Memastikan nilai investasi dari hasil investasi polis Anda akan bertambah dari waktu ke waktu.
  • Mengatasi berbagai risiko yang mungkin terjadi selama masa perencanaan keuangan Anda, karena semua biaya pertanggungan, biaya asuransi dan administrasi akan selalu terbayar tepat waktu.
  • Tujuan jangka panjang keuangan yang sudah Anda rencanakan dapat terwujud di masa yang akan datang.

Penting untuk diingat:
Keterlambatan dalam membayar premi dapat menjadi salah satu penyebab pengajuan klaim ditolak. Usahakanlah untuk selalu membayar premi tepat waktu agar nilai investasi Anda terus bertambah, dan perlindungan asuransi terus berjalan.

Bagaimana jika nasabah untuk sementara tidak dapat membayar premi?

Kami menyediakan beberapa pilihan solusi untuk membantu Anda terus mendapatkan manfaat asuransi apabila sementara waktu Anda tidak dapat membayar premi dikarenakan kondisi darurat misalnya kehilangan pekerjaan, butuh biaya pengobatan yang besar atau hal lain sehingga tidak ada dana, antara lain:

  • Mengurangi besarnya jumlah premi. Walaupun manfaat Asuransi berkurang dengan penurunan uang pertanggungan namun manfaat proteksi tetap berjalan.
  • Mengurangi manfaat asuransi tambahan.
  • Mengajukan permohonan untuk Cuti Premi (khusus untuk produk yang memiliki fasilitas Cuti Premi)

Sekilas mengenai Cuti Premi
Cuti Premi adalah salah satu fasilitas/fitur dalam polis dimana Anda dapat berhenti membayar premi untuk sementara dan pertanggungan tetap aktif. Fasilitas ini dapat diaktifkan dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku antara lain, usia polis Anda sudah lebih dari 2 (dua) tahun dan polis memiliki nilai investasi yang cukup untuk membayar biaya-biaya seperti biaya akuisisi, pertanggungan, administrasi dan biaya lainnya sesuai dengan produk polis.

Yang perlu diperhatikan saat mengambil Cuti Premi
Fasilitas Cuti Premi sebaiknya hanya diaktifkan dalam kondisi darurat dan dalam periode waktu yang tidak panjang, karena penggunaan Cuti Premi dalam waktu lama akan mengakibatkan nilai investasi habis dan polis menjadi tidak aktif.
Apabila ini terjadi, maka Anda harus melakukan Pemulihan Polis dengan kondisi berikut:

  • Permohonan Pemulihan Polis akan kembali melalui proses underwriting dimana usia dan kondisi kesehatan Tertanggung akan dinilai ulang. Besar kemungkinan Tertanggung diminta melakukan pemeriksaan kesehatan kembali. Dalam hal kesehatan Tertanggung mengalami penurunan, biaya asuransi menjadi lebih mahal, atau permohonan pertanggungan Anda dapat ditolak.
  • Polis asuransi yang baru dipulihkan dapat dipastikan akan mempunyai masa tunggu untuk manfaat yang berhubungan dengan kesehatan.
  • Anda kehilangan kesempatan mendapatkan hasil yang optimal dari Investasi Anda yang lalu dan harus memulai menabung kembali untuk menambah nilai investasi Anda.

Penting untuk diingat

  • Pada masa Cuti Premi aktif, semua manfaat dan perlindungan asuransi tetap berlaku selama nilai investasi masih mencukupi untuk membayar biaya akuisisi, pertanggungan, ataupun administrasi.
  • Biaya Cuti Premi akan berlaku pada beberapa produk tertentu.
  • Segeralah melakukan pembayaran premi kembali untuk meneruskan manfaat asuransi dan menambah nilai investasi Anda sebelum nilai investasi Anda habis dan Polis Anda menjadi tidak aktif (lapsed).
  • Pengajuan permohonan untuk melanjutkan pembayaran premi setelah periode Cuti Premi dapat dilakukan menggunakan Formulir Perubahan Polis (A2) – Unit Link yang dapat diperoleh di Kantor Pemasaran terdekat di kota Anda atau website www.commlife.co.id, dilengkapi dengan melampirkan fotocopy KTP dan pembayaran.

Bagaimana Perusahaan membantu mengingatkan nasabah agar membayar premi tepat waktu?
Untuk membantu Anda agar tetap membayar premi tepat waktu, kami mengirimkan beberapa surat pemberitahuan kepada Anda: (*)

  1. Surat Pemberitahuan Perpanjangan Polis Asuransi Jiwa I, akan dikirimkan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran premi polis Anda.
  2. Surat Pemberitahuan Perpanjangan Polis Asuransi Jiwa II, akan dikirimkan apabila kami belum menerima pembayaran premi setelah tanggal jatuh tempo.
  3. Surat Pemberitahuan Perpanjangan Polis Asuransi Jiwa III, akan dikirimkan apabila pembayaran belum kami terima sampai dengan masa leluasa (grace period) 45 hari setelah tanggal jatuh tempo, untuk menginformasikan:
    • Nilai investasi yang tersisa pada polis Anda Status polis Anda sudah tidak aktif.
    • Pemulihan Polis untuk mengaktifkan kembali manfaat dan pertanggungan polis Anda.

*). Khusus pembayaran Non-Autodebit dan pembayaran Autodebit dengan frekuensi pembayaran Triwulan, Semesteran, dan Tahunan.

Penting untuk diingat:
  1. Surat pemberitahuan tersebut di atas kami kirimkan melalui Pos ke alamat surat menyurat Anda. Pastikan Anda membuka dan membaca dengan seksama surat-surat yang Anda terima dari Commonwealth Life.
  2. Apabila Anda tidak menerima surat pemberitahuan sesuai dengan periode pengirimannya, atau ada perubahan data (nomor telepon, alamat surat menyurat/ tempat tinggal/kantor, dll) mohon informasikan segera ke Konsultan Keuangan Anda atau petugas Customer Service Commonwealth Life atau Pusat Layanan Nasabah CommCenter di 1500 525 atau email di: mailto:commcenter@commlife.co.id

“Membayar premi asuransi tepat waktu menjamin kelangsungan manfaat asuransi dan membantu mewujudkan tujuan keuangan jangka panjang Anda”.

Pentingnya Mempertahankan Polis
Terima kasih atas kepercayaan Anda dengan memilih Commonwealth Life sebagai mitra dalam memberikan perlindungan bagi Anda dan keluarga tercinta.

Polis Commonwealth Life merupakan salah satu harta yang berharga bagi Anda dan Keluarga tercinta serta Penerima Manfaat.
Besar harapan kami bahwa polis Anda dapat membantu dalam perencanaan tabungan, perlindungan dan investasi untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka panjang. Oleh karena itu, mempertahankan polis Commonwealth Life agar tetap aktif merupakan bagian yang sangat penting dalam perencanaan keuangan jangka panjang Anda.

Polis asuransi jiwa pada dasarnya adalah perjanjian jangka panjang yang memiliki beragam manfaat untuk melindungi Anda dan keluarga di kemudian hari.
Membatalkan asuransi jiwa di awal masa pertanggungan atau menggantinya dengan polis lain dapat merugikan Anda dalam beberapa hal seperti:

  • Pada saat membeli Polis baru Anda akan kembali melalui proses underwriting dimana usia dan kondisi kesehatan Tertanggung akan dinilai ulang. Besar kemungkinan Tertanggung diminta melakukan pemeriksaan kesehatan kembali. Dalam hal kesehatan Tertanggung mengalami penurunan, biaya asuransi menjadi lebih mahal, atau permohonan pertanggungan Anda dapat ditolak.
  • Polis asuransi yang baru dapat dipastikan akan mempunyai masa tunggu untuk manfaat yang berhubungan dengan kesehatan.

Dari beberapa alasan tersebut di atas, kami menyarankan agar Anda perlu mempertimbangkan dengan bijaksana dampak pembatalan Polis asuransi atau pengalihan nilai investasi yang telah ada dengan Polis lain terhadap perencanaan keuangan Anda.

Saran kami dari waktu ke waktu Anda perlu meneliti kembali biaya yang diperlukan memberikan jaminan perlindungan jiwa, kesehatan dan investasi keluarga.
Pastikan rencana awal tercapai dengan melakukan penyesuaian antara kenaikan pendapatan, kenaikan kebutuhan dasar dan inflasi.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Konsultan Keuangan Anda atau petugas Customer Service Commonwealth Life atau Pusat Layanan Nasabah CommCenter di 1500 525 atau email di: commcenter@commlife.co.id