KIAT-KIAT BERTRANSAKSI

Informasi Untuk Pemegang Polis

  • Pentingnya Membayar Premi Tepat Waktu
  • Pentingnya Mempertahankan Polis

Pentingnya Membayar Premi Tepat Waktu
Polis Non Single Premium

Mengapa membayar premi asuransi tepat waktu itu penting?

Membayar premi tepat waktu memiliki sejumlah manfaat yang penting untuk perlindungan asuransi dan investasi Anda:

  • Memastikan nilai investasi dari hasil investasi polis Anda akan bertambah dari waktu ke waktu
  • Mengatasi berbagai risiko yang mungkin terjadi selama masa perencanaan keuangan Anda, karena semua biaya pertanggungan, biaya asuransi dan administrasi akan selalu terbayar tepat waktu
  • Tujuan jangka panjang keuangan yang sudah Anda rencanakan dapat terwujud di masa yang akan datang

Penting untuk diingat:
Keterlambatan dalam membayar premi dapat menjadi salah satu penyebab pengajuan klaim ditolak.Usahakanlah untuk selalu membayar premi tepat waktu agar nilai investasi Anda terus bertambah, dan perlindungan asuransi terus berjalan.

Bagaimana jika nasabah untuk sementara tidak dapat membayar premi?

Kami menyediakan beberapa pilihan yang dapat Anda tempuh apabila untuk sementara waktu Anda tidak dapat membayar premi, dikarenakan kondisi darurat misalnya kehilangan pekerjaan, butuh biaya pengobatan yang besar, sehingga tidak ada dana.

Pada kondisi darurat sementara tersebut, kami memberikan beberapa pilihan yang dapat membantu Anda terus mendapatkan manfaat asuransi:

  • Mengurangi besarnya jumlah premi.Walaupun jumlah uang pertanggungan turun dan manfaat asuransi dasar berkurang namun manfaat proteksi tetap berjalan.
  • Mengurangi manfaat asuransi tambahan.
  • Mengajukan permohonan untuk Cuti Premi
Sekilas mengenai Cuti Premi
Cuti Premi adalah salah satu fasilitas / fitur dalam polis Anda di mana Anda dapat sementara berhenti membayar premi dan pertanggungan tetap berlaku, sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku, seperti antara lain, usia polis Anda sudah di atas 2(dua) tahun selama polis Anda memiliki nilai investasi yang cukup untuk membayar biaya-biaya seperti biaya akuisisi, pertanggungan, asuransi ataupun administrasi.

Yang perlu diperhatikan saat mengambil Cuti Premi
Cuti Premi sebaiknya hanya diambil dalam kondisi darurat dan dalam periode waktu yang tidak panjang, karena penggunaan Cuti Premi dalam waktu lama akan mengakibatkan nilai investasi habis dan polis menjadi batal.
Apabila ini terjadi dan Anda tidak melanjutkan kembali perlindungan asuransi:

  • Anda harus melewati rangkaian proses underwriting ulang, di mana ada kemungkinan permohonan Anda ditolak, atau dikarenakan premi tambahan, misalnya karena kondisi kesehatan Anda sudah berubah.
  • Anda harus melewati masa tunggu asuransi baru di mana Anda belum terlindungi dari risiko pada masa tunggu tersebut.
  • Anda kehilangan kesempatan mendapatkan hasil yang optimal dari Investasi Anda yang lalu dan harus memulai menabung kembali untuk menambah nilai investasi Anda

Penting untuk diingat

  • Anda sebaiknya tetap memonitor nilai investasi yang tersedia, agar polis tetap berlaku dan perlindungan asuransi tetap berjalan dengan cara melanjutkan pembayaran premi.
  • Pada masa Cuti Premi, semua manfaat dan perlindungan asuransi tetap berlaku selama nilai investasi masih mencukupi untuk membayar biaya akuisisi, pertanggungan, asuransi ataupun administrasi.
  • Untuk beberapa produk tertentu akan dikenakan biaya cuti premi.
  • Segeralah melakukan pembayaran premi kembali untuk meneruskan manfaat asuransi dan menambah nilai investasi Anda sebelum nilai investasi Anda tidak mencukupi dan Polis Anda menjadi tidak aktif(lapsed).
  • Pengajuan permohonan untuk melanjutkan pembayaran premi setelah periode Cuti Premi adalah melalui Formulir Perubahan Polis (A2) – Unit Link yang dapat diperoleh di kantor cabang terdekat di kota Anda dan Website < a href = 'http://www.commlife.co.id'>www.commlife.co.id

Bagaimana Perusahaan membantu mengingatkan nasabah agar membayar premi tepat waktu ?
Untuk membantu Anda agar tetap membayar premi tepat waktu, kami mengirimkan beberapa surat pemberitahuan kepada Anda: (*)

  1. Kami kirimkan Surat Pemberitahuan Perpanjangan Polis Asuransi Jiwa I sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran premi polis Anda.
  2. Apabila pembayaran premi belum kami terima setelah tanggal jatuh tempo, maka kami mengirimkan < b >< i > Surat Pemberitahuan Perpanjangan Polis Asuransi Jiwa II.
  3. Apabila pembayaran belum kami terima sampai dengan masa leluasa (grace period) 45 hari setelah tanggal jatuh tempo, maka kami mengirimkan Surat Pemberitahuan Perpanjangan Polis Asuransi Jiwa , untuk menginformasikan:
    • Nilai investasi polis Anda sudah tidak mencukupi untuk membayar biaya akuisisi, pertanggungan, asuransi ataupun administrasi.
    • Status polis Anda telah berakhir
    • Anda dapat melakukan pemulihan untuk mengaktifkan kembali manfaat dan pertanggungan polis

*) Khusus pembayaran Non - Auto debit dan pembayaran Auto debit dengan metode pembayaran Triwulan, Semesteran, dan Tahunan

Penting untuk diingat:
  1. Surat - surat tersebut di atas kami kirimkan lewat pos ke alamat surat menyurat Anda. Pastikan Anda membuka dan membaca dengan seksama surat-surat yang Anda terima dari Commonwealth Life.
  2. Apabila Anda merasa tidak menerima surat pemberitahuan sesuai dengan periode pengirimannnya, atau apabila ada perubahan alamat surat menyurat, atau Anda pindah tempat tinggal, mohon informasikan segera ke Konsultan Keuangan Anda atau petugas Customer Service Commonwealth Life.

“Membayar premi asuransi tepat waktu menjamin kelangsungan manfaat asuransi dan membantu mewujudkan tujuan keuangan jangka panjang Anda”.

Pentingnya Mempertahankan Polis
Terima kasih atas kepercayaan Anda dengan memilih Commonwealth Life sebagai mitra dalam memberikan perlindungan bagi Anda dan keluarga tercinta.

Polis Commonwealth Life merupakan salah satu harta yang berharga bagi Anda dan Keluarga tercinta serta penerima manfaat.
Besar harapan kami bahwa polis Anda dapat membantu dalam perencanaan tabungan, perlindungan dan investasi untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka panjang. Oleh karena itu, mempertahankan polis Commonwealth Life agar tetap aktif merupakan bagian yang sangat penting dalam perencanaan keuangan jangka panjang Anda.

Polis asuransi jiwa pada dasarnya adalah perjanjian jangka panjang yang memiliki beragam manfaat untuk melindungi Anda dan keluarga di kemudian hari. Membatalkan asuransi jiwa di awal masa pertanggungan atau menggantinya dengan polis lain dapat merugikan Anda dalam beberapa hal seperti:

  • Pada saat membeli Polis baru Anda akan kembali melalui proses underwriting dimana usia dan kondisi kesehatan Tertanggung akan dinilai ulang.Besar kemungkinan Tertanggung diminta melakukan pemeriksaan kesehatan kembali. Dalam hal kesehatan Tertanggung mengalami penurunan, biaya asuransi menjadi lebih mahal, atau permohonan pertanggungan Anda dapat ditolak.
  • Polis asuransi yang baru dapat dipastikan akan mempunyai masa tunggu untuk manfaat yang berhubungan dengan kesehatan.

Dari beberapa alasan tersebut di atas, kami menyarankan agar Anda perlu mempertimbangkan dengan bijaksana dampak pembatalan Polis asuransi atau pengalihan nilai investasi yang telah ada dengan Polis lain terhadap perencanaan keuangan Anda.

Saran kami dari waktu ke waktu Anda perlu meneliti kembali biaya yang diperlukan memberikan jaminan perlindungan jiwa, kesehatan dan investasi keluarga.Pastikan rencana awal tercapai dengan melakukan penyesuaian antara kenaikan pendapatan, kenaikan kebutuhan dasar dan inflasi.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Konsultan Keuangan Anda atau petugas Customer Service Commonwealth Life atau Pusat Layanan Nasabah CommCenter di 1500 525 atau email di: commcenter @commlife.co.id